Skip to main content

Install Multiple PHP di Ubuntu Server 22.04

Tutorial instalasi Multi Versi PHP 8.1, 8.0, 7.4, 7.3, 7.2. 7.1, 7.0 dan 5.6 pada VPS dengan OS Ubuntu Server 22.04 via Ondrej PPA

Programming books by Raffael Herrmann (https://cc0.photo)

PHP merupakan bahasa pemrograman yang paling umum dan banyak digunakan oleh para pengembang aplikasi berbasis web. Ubuntu 22.04 sendiri sebenarnya sudah menyediakan PHP versi 8 sebagai default version pada distribusi tersebut, namun masih banyak pengembang web yang masih setia pada PHP versi 7.x bahkan 5.x dan terkendala saat menggunakan/migrasi ke  PHP versi 8.x.

Bagi yang ingin menginstall versi lain selain versi standar distribusi Ubuntu 22.04, dapat menggunakan repository Ondrej PPA yang menyediakan PHP versi 8.1, 8.0, 7.4, 7.3, 7.2. 7.1, 7.0 bahkan PHP 5.6 untuk distribusi Ubuntu 22.04, kita bisa memilih salah satu versi atau meng-install-kan semua versi yang tersedia, terlebih Ondrej PPA aktif me-maintenace tiap versi PHP-nya sehingga lebih cepat mendapatkan update/patch nya.

Berikut langkah-langkah yang dapat digunakan untuk meng-install-kan multiple version PHP pada VPS dengan OS Ubuntu Server 22.04.

Langkah Persiapan

Login ke VPS via console/ssh, kemudian tambahkan repository Ondrej PPA dengan perintah berikut (** gunakan sudo untuk user sudoer, abaikan jika kita menggunakan super user/root):

sudo add-apt-repository ppa:ondrej/php

Lakukan update cache archive menggunakan perintah berikut:

sudo apt update

Proses Instalasi

Setelah repository ditambahkan dan proses update selesai, PHP versi 8.x, 7.x dan 5.x sudah bisa di-install-kan, lakukan dengan cara seperti kita meng-install paket pada umum nya, misal kita ingin menginstall PHP versi 7.3, lakukan dengan perintah berikut:

sudo apt install php7.3

Untuk menambahkan php-extension lakukan seperti perintah diatas, hanya saja php7.3 diganti dengan php7.3-{extension}, seperti pada contoh berikut:

sudo apt install php7.3-mbstring php7.3-curl php7.3-mysql php7.3-intl

Untuk versi yang lain cukup ganti 7.3 pada baris perintah diatas menjadi versi yang diinginkan misalnya 8.1, 8.0, 7.4 dan lain-lain.

Cek Versi PHP dan extension

Untuk mengecek versi PHP aktif yang sedang digunakan saat ini, bisa dilakukan dengan baris perintah berikut:

php -v

Hasilnya:

PHP 8.1.8 (cli) (built: Jul 11 2022 08:30:39) (NTS)
Copyright (c) The PHP Group
Zend Engine v4.1.8, Copyright (c) Zend Technologies
    with Zend OPcache v8.1.8, Copyright (c), by Zend Technologies

Untuk mengecek extension yang ikut terpasang di PHP, gunakan perintah berikut:

php -m

Hasilnya:

[PHP Modules]
bz2
Core
curl

...

Zend OPcache
zip
zlib

[Zend Modules]
Zend OPcache

Lebih Lanjut

Setelah proses instalasi selesai dengan baik, PHP sudah bisa digunakan di VPS, untuk konfigurasi, optimaslisasi dan langkah lebih lanjut lainnya, dapat dilakukan dengan meng-edit file-file konfigurasi yang ada di /etc/php/{7.x, 8.x, 5.x}/, lakukan dengan hati-hati dan bijak, pastikan kita tahu apa yang kita lakukan dengan file konfigurasi tersebut.

Untuk mengganti versi PHP aktif yang digunakan dalam mode CLI (Command Line Interface) dapat dilakukan dengan perintah berikut:

sudo update-alternatives --config php

Hasilnya:

There are 2 choices for the alternative php (providing /usr/bin/php).

  Selection    Path             Priority   Status
------------------------------------------------------------
* 0            /usr/bin/php8.1   81        auto mode
  1            /usr/bin/php7.4   74        manual mode
  2            /usr/bin/php8.1   81        manual mode

Press  to keep the current choice[*], or type selection number: 

Masukan nomor sesuai dengan kolom Selection pada baris versi PHP yang ingin digunakan sebagai default PHP version, misalnya kita ingin menggunakan versi 7.4 maka ketik angka 1  kemudian tekan [ENTER].

Kesimpulan

Artikel diatas dapat membantu kita untuk memasang versi PHP yang berbeda pada Ubuntu 22.04, bahkan menggunakan multi versi PHP dan dengan mudah mengatur versi berapa yang ingin digunakan sebagai versi default.

POSTS RELATED